Diposting oleh thofer On 12.34


Layer OSI
     Model OSI terdiri dari 7 layer :
  • Application layer
  • Presentation layer
  • Session layer
  • Transport layer
  • Network layer
  • Data Link layer
  • Physical layer
Tujuan adanya model OSI:
Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protoklol jaringan dan metode transmisi
Penjelasan masing masing layer
Application Layer:
Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.                           Contoh protokol : 
- DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) : Protokol untuk distribusi IP pada jaringan dengan jumlah IP yang terbatas.
- DNS (Domain Name Server) : Data base nama domain mesin dan nomor IP.
- FTP (File Transfer Protocol) : Protokol untuk transfer file.
- HTTP (HyperText Transfer Protocol) : Protokol untuk transfer file HTML dan Web.
- MIME (Multipurpose Internet Mail Extention) : Protokol untuk mengirim file binary dalam bentuk teks.
- NNTP (Networ News Transfer Protocol) : Protokol untuk menerima dan mengirim newsgroup.
- POP (Post Office Protocol) : Protokol untuk mengambil mail dari server.
- SMB (Server Message Block) : Protokol untuk transfer berbagai server file DOS dan Windows.
     
Presentation layer:                                                                                                                                                                              Sebagai translasi dari berbagai tipe pada syntax system.
Contoh protocol :
- SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) : Protokol untuk pertukaran mail.                            - SNMP (Simple Network Management Protocol) : Protokol untuk manejemen jaringan.       - Telnet : Protokol untuk akses dari jauh.                                                                                 - TFTP (Trivial FTP) : Protokol untuk transfer file.


Session Layer:
             Menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi,- bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain. Koneksi di layer ini disebut “session”. Contoh protocol:
- TCP (Transmission Control Protocol) : Protokol pertukaran data beroriantasi (connection oriented).
- UDP (User Datagram Protocol) : Protokol pertukaran data non-oriantasi (connectionless).

Transport Layer:
              Bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end-to-end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling).                                    Contoh protocol :
- TCP (Transmission Control Protocol) : Protokol pertukaran data beroriantasi (connection oriented).                                                                                                                                    - UDP (User Datagram Protocol) : Protokol pertukaran data non-oriantasi (connectionless).

Network Layer:
               Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket.                                                                                                                                                  Contoh protocol :
- IP (Internet Protocol) : Protokol untuk menetapkan routing.                                                                                - RIP (Routing Information Protocol) : Protokol untuk memilih routing.                                                                      - ARP (Address Resolution Protocol) : Protokol untuk mendapatkan informasi hardware dari nomer IP.                                                                                                                                                                                                                - RARP (Reverse ARP) : Protokol untuk mendapatkan informasi nomer IP dari hardware.



Data Link Layer:
Menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan     “hardware” kemudian diangkut melalui media. komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physical antara sistem koneksi dan penanganan error.                                                         Contoh protocol :
- PPP (Point to Point Protocol) : Protokol untuk point ke point.                                                                             - SLIP (Serial Line Internet Protocol) : Protokol dengan menggunakan sambungan serial.
     
Physical Layer:
  Bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar system.                                                                                                                  Contoh protocol  : Ethernet,FDDI, ISDN, ATM


0 Response to " "

Posting Komentar

Postkan komentar anda